Selasa, 14 Mei 2013

6 Aplikasi Chat Terbaik di Android

1. WhatsApp Messenger


Tidak bisa dipungkiri bahawa WhatsApp Messenger merupakan salah satu aplikasi chat paling populer di ranah mobile. Hai ini bisa jadi karena WhatsApp bisa digunakan secara langsung meski penggunanya menggunakan perangkat yang berbeda. Dalam menyimpan akun pengguna lain,WhatsApp menggunakan nomor telpon yang telah tersimpan pada Phonebook
Jadi kamu tidak perlulagi memasukkan nama secara manual. Jadi jika daftar pada Phonebook kamu memasang aplikasi ini, otomatis kamu sudah bisa langsung melakukan chat dari WhatsApp. WhatsApp bisa melakukan percakapan secara perorangan maupun melalui grup yang bisa kamu buat. Pengguna bisa menampilkan status pada dunia yang dimiliki layaknya aplikasi instant messenger.
Dalam satu grup dibatasi hingga 30 pengguna. WhatsApp bisa melakukan hal-hal seperti berkirim pesan berbasis teks, gambar, serta suara. Kamu tetap bisa berkirim pesan berupa video namun tidak bisa melakukan video call.
Asiknya, WhatsApp bisa menyimpan riwayat chat yang ada selama 7 hari ke belakang, Jadi seandainya kamu menghapus apiikasi ini, bisa mengembalikan percakapan sebelumnya dengan menginstalnya kembali. Nantinya WhatsApp akan memeriksa file backup yang ada dan kamu bisa mengembalikannya lagi.
+Keunggulan:Tampilan yang bisa kamu buat el; bisa digunakan pengguna dari seluruh dunia pemberitahuan npesan masuk akun seperti SMS; berbagi file dengan mudah. tampilan bisa dikustomasi;backup dan restore riwayat chat.
-Kelemahan: Tanpa verifikasi dari Phonebook sehingga tidak bisa memilah pengguna; tanpa fungsi;tldak bisa Video Call dan Voice Chat

2. LINE : Free Calls & Messages


Sesuai tagline-nya, LINE mengandalkan dua fitur yaitu Free Calls & Messages. Sehingga bagi kamu yang ingin berkomunikasi via smartphone namun terkendala dengan pulsa, bisa melakukan panggilan serta pesan secara gratis. Kamu tidak akan dikenakan biaya pulsa dan hanya akan mengambil jatah kuota internet saja.
Jika ingin gratis, kamu bisa memanfaatkan layanan WiFi di daerah yang memilikinya. Pengguna bisa mendaftar akun LINE menggunakan dua cara, melalui nomortelponatau menggunakan akun Facebook.
Hanya saja jika ingin memasukkan nama pengguna pada phonebook ke akun LINE, kamu mesti melakukan pendaftaran menggunakan nomor telpon Nantinya secara otomatis nama pada phonebook kamu yang telah mendaftar pada LINE akan masuk ke dalam kontak pertemanan LINE.
Line memiliki sejumlah emoticon lucu yang menarik dan variatif yang mesti diunduh terpisah.Pada LINE emoticon disebut dengan sticker. Kumpulan sticker tersebut bisa kamu dapatkan pada Coogle Play atau dari Sticker Shop yang terdapat pada LINE. LINE memiliki fitur Timeline dimana kamu bisa menampilkan status yang nantinya bisa dikomentari oleh pengguna lain atau memberi tanda ‘Like’ pada status tersebut, mirip dengan status pada Facebook. Beberapa fitur tambahan bisa kamu pasang secara terpisah seperti LINE camera, LINE Tools, sampai bertema games.
+Keunggulan:Pilihan Sticker dan Emoticonyanglucu,beragam,dan menarik; banyak fitur tambahan yang menarik; ada Games; tersedia untuk Windowsdan Mac.
-Kelemahan: Beberapa fitur LINE. LINE memiliki sejumlah tambahan mesti diinstal terpisah; tidak bisa Video Call.
tidak bisa Video Call.

3. WeChat


WeChat memiliki beberapa fitur unik, diantaranya yaitu Moments, Drift Bottle, Look Around, Shake, dan QQ Contacts. Fitur Moments merupakan ajang berbagi foto atau gambar dan pengguna lain bisa memberikan komentar. Salah satu yang unik yaitu Drift Bottle. Fitur ini diumpamakan seperti seseorang yang menulis pesan pada kertas dan memasukkannya ke dalam botol lalu botol tersebut dibuang ke laut dengan harapan orang lain diseberang sana akan membaca pesan tersebut.
Dengan tampilan animasi menarik, fitur ini bisa menjadi ajang pencarian teman secara acak dari seluruh dunia. Kamu bisa menerima pesan dari botol atau menolaknya dan membuang kembali pesan tersebut ke laut. Sedangkan fitur Look Around.
Shake dan QQ Contacts bisa digunakan untuk mencari teman sesama pengguna WeChat menggunakan metode yang berbeda-beda. Look Around akan mencari pengguna dalam radius terdekat dari lokasi kamu, fitur Shake akan mencari pengguna yang mengaktifkan fitur ini, dan QQ Contacts yang akan mencari pengguna lain yang memiliki akun QQ. QQ merupakan apiikasi instant messenger yang cukup populer di Cina.
+Keunggulan: Beberapa fitur unik yang jarang dijumpai apiikasi sejenis; tampilan emoticon yang lebih bervariasi dan unik; dukung tampilan HD pada Video Call; undang teman melalui berbagai metode, termasuk ORCode; Video Call tetap berfungsi meski tidak ada kamera depan.
-Kelemahan: Terlalu sering mengirim pemberitahuan sehingga agak mengganggu; kustomasi tampilan lebih terbatas.

4. Skype – Free IM & Video Calls


Skype bisa dibilang merupakan salah satu peioporteipon murah berbasis internet. Awainya Skype hadir bagi platform PC yang terbilang cukup populer. Kini Skype juga hadir bagi sistem operasi untuk mobile yaitu Android, iOS, dan Windows Phone. Hanya saja, konsep yang diterapkan masih terbilang ‘kuno’ jika dibanding aplikasi mobile sejenis. Kamu akan mendapatkan tampilan yang tidak bisa dikustomasi.
Untuk menggunakannya, kamu mesti melakukan pendaftaran dengan mengisi data layaknya membuat email. Setelahnya, kamu akan diminta untuk melakukan sinkronisasi kontak Skype dengan kontak pada phonebook.
Nantinya hal ini akan memudahkan kamu untuk menghubungi kontak dari phonebook melalui Skype. Skype bisa digunakan untuk berkirim pesan berbasis teks, gambar, video, atau fiie lain layaknya instant messenger. Kamu juga bisa melakukan voice chat dan video call ke sesama pengguna
Skype secara gratis. Namun jika kamu melakukan hal tersebut ke nomor selain pengguna Skype. kamu mesti memiliki kredit yang bisa didapat dengan membelinya. Meski demikian Skype menawarkan kredit yang jauh lebih murah dibanding kamu melakukan telpon biasa, terutama saat melakukan telpon interloka! ke negara lain.
+ Keunggulan; Dukung tampilan Video Call kualitas tmggi; telpon ke nomor international dengan biaya  lebih murah.
-Kelemahan: Tidak ada Group call atau chat; pengiriman file video dibatasi hingga 20 video; telpon ke non-skype mesti menggunakan kredit.

5. KakaoTalk – Free Calls & Text


KakaoTalk menawarkan fungsi utama sebagai aplikasi yang menawarkan fungsi berbicara dan berkirim pesan melaiui koneksi internet. Mungkin karena memiliki fungsi serta tagline yang sama, tampilan KakaoTalk dan LINE bisa dibilang mirip.
Proses pendaftaran akunnya juga demikian, dimana kamu mesti memasukkan nomor telpon. Jika ingin mendapatkan akses untuk menambahkan fasilitas lain, kamu mesti melakukan pandaftaran menggunakan alamat email.
Dalam melakukan pertemanan, KakaoTalk secara otomatis akan menambahkan teman di kontak KakaoTalk melalui nomor telpon yang ada pada Phonebook, Kamu juga bisa hanya memasukkan nomor telpon seperti biasa dan KakaoTalk akan melakukan sinkronisasi dengan Phonebook. Selain itu kamu juga bisa mencari teman dengan memasukkan ID dari akun yang dimilikinya
. Jika LINE memiliki Sticker Shop, maka KakaoTalk memiliki Item Store dimana terdapat berbagai pilihan untuk memodifikasi tampilan, seperti Theme dan Emoticon. Kamu mesti mengunduh dan memasangnya secara terpisah jika ingin menggunakannya. Bagi yang tidak sekedar chatting saja, disediakan aplikasi berbasis games yang mesti kamu unduh lagi melalui tautan yang disediakan.
+Keunggulan: Pilihan Theme dan Emoticon yang lucu, beragam, dan menarik; ada Games; proteksi akun pengguna; bisa digunakan pengguna dari seluruh dunia.
- Kelemahan: Beberapa fitur tambahan yang mesti diinstal terpisah; tidak bisa Video Call; tanpa fungsi Logout.

6. Tango – Text ,Voice, Video Calls


Tango menawarkan semua kemudahan komunikasi dari berbagai mode, mulai berkirim pesan teks, gambar, suara, video, dan juga voice chat hingga video call. Khusus voice chat, kamu bisa melakukannya seperti telpon biasa atau menggunakan metode PTT (Push To Talk).
Tidak hanya itu, kamu juga akan menemui fitur games yang bisa dimainkan secara sendiri ataupun bersama-sama dengan pengguna Tango lainnya. Kamu tinggal invite mereka dan permainan pun bisa dimulai.
Jika kamu ingin menambah teman, Tango menawarkan mode invite berdasarkan email dan nomor telpon pengguna Tango yang sudah terdaftar. Berkirim gambar mungkin sudah biasa, namun Tango memiliki fitur penyunting sederhana sebelum kamu mengirim suatu gambar. Gambar tersebut bisa kamu beri berbagai efek yang ada agar lebih menarik dan unik.
Dengan fitur ini kamu memungkinkan untuk membuat sebuah kartu ucapan menarik dan mengirimnya ke teman. Tango juga menyediakan beberapa pilihan emoticon lucu yang menghibur. Yang berbeda saat emoticon digunakan saat melakukan chatting, animasinya akan tampil dan bergerak secara 3 dimensi Emoticon tambahan juga tersedia melalui tautan yang disediakan, hanya saja beberapa diantaranya berbayar.
+Keunggulan: Bermain games secara online ke sesama pengguna Tango; tersedia untuk versi PC; fitur photo editor; banyak fitur tambahan yang menarik.
-Kelemahan: Emoticon tambahan berbayar; pencarian teman agak membingungkan.
6 Aplikasi chat diatas bisa menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan chatting di HP ataupun tablet android kesayangan anda. Apakah nanti anda akan memilih no 1 ataupun no:6 itu adalah hak anda. Yang pasti aplikasi semacam diatas telah mengubah cara pandang manusia tentang komunikasi, sepertinya ini baru 10 tahun yang lalu blogbintang belajar surat-menyurat.

0 komentar:

Posting Komentar